custom-header

10 ALASAN YANG SERING MEMBUNUH NIAT DIDALAM LATIHAN FITNESS DAN ANDA HARUS MENGHINDARINYA

10 ALASAN YANG SERING MEMBUNUH NIAT DIDALAM LATIHAN FITNESS DAN ANDA HARUS MENGHINDARINYA
10 ALASAN YANG SERING MEMBUNUH NIAT DIDALAM LATIHAN FITNESS DAN ANDA HARUS MENGHINDARINYA

“Anda dapat memiliki hasil atau alasan ataupun tidak keduanya”.

Manusia cenderung melakukan hal apapun sebanyak yang mereka perlukan. Pembicara motivasi menyebut sifat bawaan ini sebagai rasa malas, ahli biologi menyebutkan sebagai efisiensi. Namun apapun sebutannya, faktanya adalah kita harus meminimalkan waktu dan energi sebisa mungkin.

Dan hal ini tidak selalu menjadi hal yang buruk. Jika kita tidak melakukan cara ini, kita mungkin tidak akan bertahan selama ini sebagai suatu spesies.

Dari sisi ini, alasan yang kerap dilontarkan didalam dunia fitness sangatlah masuk akal. Otak kita seakan-akan menghentikan kita untuk membakar kalori kita yang berharga dengan alasan untuk meminimalkan waktu dan energi.
Sayangnya, di dunia ini telah hadir makanan yang banyak mengandung kalori didalamnya sehingga alasan fitness yang dulunya pernah menjamin kelangsungan hidup kita kini dapat mengirim kita ke kuburan lebih cepat.

Di bawah ini telah saya hadirkan tentang 10 alasan yang sering membunuh “niat” anda didalam latihan fitness dan anda harus menghindarinya sebisa mungkin, diantarany adalah :

1. “Saya tidak punya cukup waktu”

Mungkin ini adalah alasan “membunuh” niat fitness paling umum diantara semua alasan.
Pertama, ketika anda mengatakan jikalau anda tidak memiliki cukup waktu, sebenarnya di pikiran anda adalah “Saya tidak mau mengikuti latihan fitness”.

Apakah anda berpikir bahwa menggantikan waktu fitness dengan menonton TV dan menjelajahi web sepanjang minggu adalah hal yang baik didalam hidupmu? Mengapa anda tidak menggantikan aktifitas tersebut dengan latihan?
Padahal, latihan selama 30 menit hanya memakan sekitar 2% dari hari anda.

Jangan tanya kepada diri sendiri, “Seberapa banyak waktu yang saya buang untuk bekerja diluar selama seminggu?” tetapi tanyakan pada diri sendiri, “Seberapa banyak dari sisa hidup saya yang akan dibuang untuk terjangkit obesitas?”

2. “Saya terlalu lelah untuk mengambil sesi latihan”

Ketika anda datang ke dunia olahraga, pikiranmu seperti anak manja. Jika anda menyerah terhadap tuntutan tanpa melakukan perlawanan, ia akan melihat kelemahanmu dan memangsamu.

Jika anda melewatkan satu sesi yang telah direncanakan, anda mungkn akan melewatkan sesi berikutnya. Perjalanan terbesar selalu dimulai dengan satu langkah dan kegagalan terbesar selalu dimulai dengan satu langkah mundur.
Anda harus menunjukkan didalam benakmu “Siapa yang menjadi bos disini?”. Anda tentunya tidak selalu mempunyai banyak tenaga saat pergi ke gym, tetapi itu tidak menjadi masalah. Satu-satunya hal terpenting adalah memunculkan niat dan menunjukkan usaha.

Jika anda terlalu lelah untuk mengikuti latihan fitness, maka ubahlah kebiasaan jam tidur anda dan bukan kebiasaan latihanmu.

3. “Tapi, latihan fitness sangat membosankan bagiku!”

Anda merasa latihanmu semakin membosankan?
Jadi anda lebih memilih untuk menyikat gigi, mandi, menata rambut dan berpakaian lalu bekerja? Tidak. Kita berbuat demikian karena kita harus. Kita melakukannya sebagai bagian dari kehidupan.

Orang-orang yang tidak pernah melewatkan latihannya adalah orang-orang yang melihatnya seperti menyikat giginya. Mengeluh hanya membuatnya terasa sia-sia. Untuk mencapai kesuksesan, tekadang kita harus melakukan hal yang tidak menyenangkan seperti menghentikan kebiasaan menonton acara favorit anda. Itu adalah hidup sukses yang sesungguhnya.
Jika anda mulai tidak menikmati pola latihan, jangan berhenti tetapi cobalah gaya latihan yang berbeda. Anda dapat membuka musik favorit untuk menemani latihanmu. Cobalah semua gaya latiha, dan tetap semangat ‘tuk melakukannya.

4. “Saya tidak punya motivasi untuk latihan fitness”.

Jika anda berpikir dirimu membutuhkan motivasi didalam latihan maka anda sudah berada di tengah perjalanan.
Yang anda butuhkan adalah motivasi; sebuah motivasi dapat mendorong niat latihan bahkan ketika anda sedang tidak termotivasi. Jika anda mengandalkan perasaan, maka anda hanya bisa memutuskan untuk mengambil latihan atau tidak. Seperti yang telah anda ketahui, perasaan dirancang untuk membuat anda dikurung didalam zona kenyamanan. Perasaan ingin anda menjadi aman dan hal ini tidak akan membuat anda berhasil.

Ada yang mengatakan bahwa terdapat trik yang dapat anda gunakan untuk membuat dirimu termotivasi didalam latiham dan hal ini didukung dengan penelitian. Ini disebut dengan prinsip “beberapa menit”.

Ide dasarnya adalah si penunda sering menunda untuk melakukan hal-hal tertentu karena ukuran tugas didepan mereka yang tampaknya terlalu berlebihan. Apabila anda memutuskan pergi ke tempat gym dan menerapkan prinsip “beberapa menit”maka anda akan melihat latihan tersebut sampai selesai. Apakah anda cukup termotivasi apabila latihan selama 2 menit? Lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. “Saya punya anak-anak dan harus menjaga mereka”

Suatu saat nanti anak-anakmu akan menjaga seseorang yaitu anda.

Jangan membebani mereka dengan tubuh anda yang sakit-sakitan ketika kelak mereka memiliki anak-anak yang harus dijaga juga. Dan jangan menjadi orangtua yang sering mengatakan kepada anak-anak bahwa fitness adalah hal yang baik bagi mereka, tetapi anda sendiri tidak melakukannya. Anak anda tentu lebih cerdas daripada anda nantinya.

Jika anda sungguh-sungguh memperjuangkannya dengan mengelola kesehatan anda dan anak-anakmu maka gabungkanlah keduanya. Ada begitu banyak cara yang mudah dan menyenangkan untuk latihan bersama anak-anakmu dan satu-satunya batasan adalah imajinasimu. Anak-anakmu harus menjadi alasan terbesar anda untuk melakoni olahraga.

6. “Saya tidak punya teman dekat untuk diajak latihan bersama-sama”.

Biar saya menjelaskan poin ini, alasan ini mengungkapkan bahwa anda tidak memiliki teman dekat untuk mengarahkanmu saat mengambil sesi latihan. Jika latihan anda benar, anda tidak perlu berbicara atau bertanya.

Jangan salah paham, memiliki teman untuk latihan bersama-sama adalah hal yang baik tetapi disini anda harus memahami bahwa sebagian besar orang bertemu dengan teman latihannya di tempat gym. Alasan anda untuk mengungkapkan poin nomor 6 ini karena anda tidak memiliki banyak teman yang ingin berlatih.

Dengan menjadi seseorang yang berlatih secara teratur, anda perlahan-lahan dapat menarik orang untuk masuk ke dalam hidup anda guna menghargai kesehatan dan memahami dunia fitness.

7. “Saya tidak berada didalam keadaan fit”.

Setelah anda masuk ke dalam kebiasaan “mengesampingkan”, alasan didalam dunia fitness pun mulai bekerja secara teratur. Ketika rahang saya patah dan dokter memvonis diriku tidak bisa mengangkat beban selama 3 bulan, lantas apa yang saya lakukan? Saya mengangkat beban yang ringan sebagai gantinya. Berlatih pintar tentu tidaklah sulit.
Didalam beberapa kasus, kita sering berpura-pura sakit sehingga kita bisa bolos sekolah. Bahkan beberapa aktor yang berperan lebih baik dari kita mungkin akan mengaburkan garis didalam pikiran mereka diantara gejala nyata dan hal-hal yang mereka bayangkan.

Jika anda sedang berada didalam kondisi kurang fit, tidak sehat atau sakit; saya tidak menyarankan anda untuk berlatih. Apabila anda hanya merasa sedikit lelah dan pegal, itu bukanlah alasan untuk melewatkan latiha.

8. “Gym terlalu mahal dan jaraknya jauh”

Jika anda berpikir bahwa dirimu membutuhkan gym untuk mencapai tujuan kebugaranmu, maka anda telah ditipu mentah-mentah.

Fitness adalah taman bermain kebugaranmu. Terdapat subkultur fitness yang dapat dilakukan di luar rumah tanpa peralatan formal. Apakah anda pernah mendengar Calisthenics, Tai Chi, Yoga atau Parkour? Lihatlah mereka.
Jika anda ingin mendapatkan otot yang kuat, cobalah beberapa latihan angkat beban yang khas seperti memotong kayu, membalikkan ban besar dan mengangkat barel. Hal tersebut sudah cukup penting untuk anda dan anda akan menemukan jalannya.

9. “Saya tidak tahu bagaimana caranya latihan yang benar”

Jika anda telah membaca artikel ini, anda jelas lebih dari sanggup karena bisa mencari tahu keberadaan artikel saya. Internet adalah tempat yang penuh dengan rutinitas dan dipenuhi jutaan tips latihan fitness. Artikel saya ini akan memberikan anda lebih dari yang anda butuhkan.

Namun, hal terpenting adalah anda jangan terlalu fokus tentang teori “latihan yang benar”. Seperti banyak kasus didalam hidup, anda mempelajari dan melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Anda dapat meminta bantuan orang di tempat gym untuk menunjukkan kepada anda bagaimana cara melakukan teknik yang tepat dan anda dapat mencobanya dengan tindakan. Orang-orang disana suka memberikan tips. Anda mungkin akan mendapatkan teman latihan disana.

10. “Saya merasa sangat terintimidasi oleh orang-orang yang berada di tempat gym”

Ini normal dan setiap orang akan merasakan hal ini ketika baru masuk ke dunia fitness. Mulai dari lingkungan yang baru dan semua orang disana terlihat seperti mengetahui dengan jelas hal yang akan mereka lakukan. Anda merasa seperti berada didalam rumah orang lain.

 border=

Salah satu alasan terbesasr anda merasa terintimidasi saat pergi ke tempat gym adalah karena anda tidak pergi secara teratur. Jika anda mulai teratur maka anda akan terbiasa dengan tempat gym, orang-orang disana dan kebugaran anda akan semakin meningkat. Semua orang tahu, latihan fitness dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Hanya dengan hal itulah anda harus melakukannya. Ini adalah suatu hasil yang akan anda pamerkan ke orang lain selama beberapa bulan ke depan.

Siapapun bisa mendapatkan tubuh ideal dan siapapun bisa menjadi sehat. Tetapi sangat sedikit orang yang melakukannya karena mereka menyerah pada kecenderungan alaminya untuk meminimalkan waktu dan usaha. Berhentilah membuat alasan dan lakukan usaha di tempat gym selama 2 bulan. Setelah itu, anda akan menemukan alasan untuk latihan bahkan ketika anda memiliki hal-hal penting lain untuk dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *